Cara Mudah Mematikan HP Baterai Tanam Macet atau Hang [100% Berhasil]

HP lagi enak-enak dipakai mendadak hang, tentu sangat menjengkelkan. Berikut ini cara mematikan HP baterai tanam hang atau macet.
HP Baterai Tanam Hang
HP Baterai Tanam Hang

HP lagi nyaman dipakai tiba-tiba hang, tentu sangat menjengkelkan sekaligus panic mode on! Terlebih jika sedang ngerjain projek yang belum disimpan, sakit rasanya.

Melihat saat ini banyak sekali HP memakai baterai tanam (non-removable), sudah pasti akan sedikit bingung apabila HP secara mendadak macet. Saya pun pernah berada di posisi ini. Lain halnya HP baterai removable, bisa dengan mudahnya mengatasi masalah HP ngehang (cukup lepas lalu pasang kembali baterai tersebut).

Nah, ternyata HP dengan baterai tanam lebih banyak digunakan ketimbang yang bisa dilepas. Ada beberapa alasan mengapa produsen HP lebih memilih menggunakan baterai tanam:

  • Pertama, HP baterai tanam akan jauh lebih tipis dan elegan. Selain itu, desain pun menjadi lebih premium dan tentunya enggak akan mudah dimasuki debu & air.
  • Kedua, penggunaan baterai tanam diklaim menjadi lebih awet karena jarang dilepas-pasang.

Namun sayangnya, HP baterai tanam sedikit merepotkan bagi sebagian penggunanya. Contohnya ketika HP hang atau stuck tiba-tiba, HP jadi enggak bisa dimatikan dengan melepas baterai secara langsung.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini lebih lanjut, ya!

Cara Cepat Mematikan HP Hang Baterai Tanam

Kalau kamu ingin tahu cara mematikan paksa HP baterai tanam sebenarnya cukup mudah. Bahkan enggak perlu segala membongkar lepas casing HP.

Berikut ini cara mematikan HP baterai tanam macet untuk semua tipe HP mulai dari ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Redmi, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Paksa Restart HP dengan Tombol Power

Bukan hal mustahil bisa memulai ulang HP baterai tanam, sebab dari pabrikan sudah didesain semudah mungkin agar pengguna enggak merasa kesulitan. Salah satunya adalah mematikan paksa HP apabila hang atau stuck hanya menggunakan tombol power.

Di bawah ini ada langkah mematikan paksa HP yang memakai baterai tanam:

  1. Tekan tombol power selama 10-15 detik.
  2. Selanjutnya, HP secara otomatis akan mati.
  3. Nyalakan HP dengan tombol power seperti biasa.
  4. Apabila HP tidak mati, coba gunakan kombinasi tombol power + volume atas.

Namun, jika masih tidak terjadi apa-apa. Berikut deretan kombinasi tombol lain yang sekiranya efektif untuk tipe HP kamu.

  1. Tombol Power + Volume Atas
  2. Tombol Power + Volume Bawah
  3. Tombol Power + Home (Jika HP masih menggunakan tombol Home fisik)
  4. Tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah

Tunggu Sampai Baterai Habis

Kamu bisa melakukan cara simple ini dengan menunggu hingga daya baterai habis sendirinya. Ketika baterai habis, maka otomatis HP akan mati serta masalah hang pun dapat teratasi.

Sebagai catatan, sebelum HP dihidupkan kembali, alangkah baiknya baterai di-cas terlebih dahulu agar dapat dipakai seperti biasanya lagi.

Oh, iya, perlu diingat bahwa memakai langkah ini membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Apalagi daya baterai HPmu masih di atas 20%, pastinya juga butuh waktu yang lama lagi untuk sepenuhnya habis.

Bongkar Pasang Baterai Tanam HP

Misalkan cara pertama dan kedua dirasa tidak berhasil, terlebih jika kamu memang ingin memainkan HP kembali maka coba buka casing HP kemudian lepas konektor baterai.

Kamu bisa membuka casing HP dengan berbagai alat pembongkar HP seperti obeng khusus atau menggunakan pinset juga gampang, kok. Apabila sudah yakin untuk dicoba, berikut langkah-langkahnya:

  1. Lepas pinggiran casing HP secara perlahan-lahan.
  2. Buka casing pelan-pelan agar tidak terjadi hal tak diinginkan.
  3. Lepas konektor baterai, hati-hati dan jangan terburu-buru.
  4. Pasang kembali konektor baterai.
  5. Tutup casing HP dan coba nyalakan kembali.

Cara Menghindari Hang HP Baterai Tanam

Setelah kamu tahu bagaimana cara mematikan HP baterai tanam hang, selanjutnya harus tahu juga nih apa saja yang perlu dihindari agar HP tidak terjadi hang/macet lagi.

Kurangi Beban Storage HP

Memiliki banyak sekali aplikasi dan file-file besar tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu dapat membuat kinerja HP merasa terbebani.

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Maka dari itu hindari penggunaan penyimpanan berlebihan, sisakanlah setidaknya 30% ruang kosong supaya HP tidak terjadi lag berujung hang.

Alangkah baiknya menyimpan beberapa file penting seperti dokumen maupun media ke dalam storage eksternal (micro SD) saja.

Multitasking Secukupnya

Terlalu banyak buka aplikasi secara bersamaan juga bisa menyebabkan HP baterai tanam hang. Ini dikarenakan performa CPU dan RAM bekerja sekeras mungkin hingga terjadi overload dan mengakibatkan freeze pada HP.

Seluruh aplikasi berjalan entah di latar depan maupun belakang akan memacu kinerja komponen HP, jadi sebaiknya hindari membuka banyak aplikasi bersamaan.

Multitasking seperlunya, bersihkan aplikasi berjalan di latar belakang dengan cara tekan tombol recent (di sebelah tombol home) dan hapus apl tidak digunakan.

Perhatikan Suhu Ponsel

Suhu normal smartphone biasanya ada di kisaran 30-40 derajat celcius, lebih dari itu dapat dikatakan HP sudah terlalu panas. Ini tentu berbahaya karena bisa menyebabkan HP menjadi overheat sehingga akhirnya hang atau stuck.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan suhu ponsel terlebih jika habis memainkan game berat ataupun membuka aplikasi berat secara bersamaan. Dengan demikian HPmu akan mudah dioptimasi supaya tidak terjadi overheat atau panas berlebihan yang mengakibatkan HP hang.

Akhir Kata

Sekiranya demikianlah pembahasan artikel mengenai cara mematikan HP baterai tanam hang serta beberapa hal perlu dihindari agar HP tidak ngestuck.

Biasanya masalah macet pada HP tidak terlalu berbahaya, tetapi beda halnya apabila HP sering hang padahal tidak membuka aplikasi berat. Bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh bug dari software sistem atau ada komponen yang sudah usang. Semoga bermanfaat!

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.

Post a Comment

© Sinkronin. All rights reserved. Distributed by Pixabin