4+ Penyebab Baterai HP Boros Meski Tidak Dipakai [Plus Trik Ampuh]

Baterai cepat habis meski tidak dipakai sering membuat bingung pengguna ponsel. Berikut ini penyebab beserta cara mengatasinya.
July 08, 2021
Baterai HP Boros
Baterai HP Boros

Pada dasarnya, semakin kapasitas baterai besar maka akan semakin lama pula daya tahan yang dapat terjaga.

HP yang normal tidak akan boros baterai ketika enggak dipakai atau dibawa tidur, pengurangannya mungkin cuma sekitar 1-3% saja.

Namun, ada saja pengguna HP mengeluh bahwa baterainya cepat habis alias boros meski tidak dipakai.

Misalnya, HP dengan persentase baterai 100% lalu tidak dipakai hingga 6 jam tetapi menurun sampai ke 50%. Ini jelas boros banget.

Penyebab Baterai HP Boros Meski Tidak Dipakai

Nah, di artikel ini saya akan membahas apa sih penyebab baterai HP cepat habis. Sebagai pengguna ponsel sejati tentunya merasa kesal apabila baterai HP sering boros.

Berikut penyebab baterai HP boros:

Baterai HP Mulai Rusak

Siapa bilang daya tahan baterai dari waktu ke waktu masih tetap sama. Justru keseluruhan kapasitas baterai semakin lama semakin menurun, tergantung penggunaan sehari-harinya.

Kamu harus mengenal ciri-ciri baterai HP mulai rusak. Jika baterai HP boros meski tidak dipakai dan sering terjadi, maka perlu di-cek kondisi baterai tersebut, seperti kembung (berubah) atau tidak.

Apabila fisik baterai HP sudah mulai berubah, tentunya kamu harus waspada agar ponsel tetap awet dan tidak terjadi apa-apa. Jangan sampai terjadi kebocoran pada baterai HP.

Baterai Harus Dikalibrasi Ulang

Kalibrasi baterai merupakan proses optimasi dan normalisasi baterai agar status aslinya sinkron dengan apa yang dibaca sistem ponsel.

Jika HP mulai merasa boros baterai, kemungkinan disebabkan oleh pengisian yang salah sehingga menyebabkan persentase baterai tidak tepat dengan kondisi realnya.

Baca juga: Cara Ngecas HP yang Benar Agar Awet

Misalnya:

  • Kamu merasa HP di-cas sudah 100% akan tetapi ketika dilepas dan dimainkan, beberapa menit kemudian turun hingga 70%.
  • Setelah itu, baterai HP turun drastis ke 40% kemudian mulai kembali stabil penurunannya di persentase tersebut.

Nah, tentunya ini dikarenakan persentase awal baterai tidak akurat. Sehingga, baterai yang aslinya hanya terisi 40% namun yang dibaca sistem sudah 100%.

Oleh karena itu, penting untuk kalibrasi baterai HP dengan bantuan aplikasi atau memakai teknik tertentu.

Banyaknya Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Ponsel yang mempunyai storage besar tentu enggak jadi masalah untuk diinstal beberapa aplikasi sebanyak mungkin.

Namun dibalik itu semua, apabila seluruh aplikasi berjalan di latar belakang secara bersamaan maka performa dan daya tahan baterai pun akan dipertaruhkan.

Karena meski tidak dipakai, sebagian aplikasi akan terus berjalan tanpa kita ketahui. Terlebih jika apl seperti sosial media yang memakan banyak RAM. Nah, dari situlah penyebab baterai HP menjadi boros.

Baca juga: Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang HP Android

Suhu Ponsel Panas

Ada kalanya HP tetap panas meski sudah tidak dipakai lagi. Ya, ini biasa terjadi ketika selesai bermain game berat yang mana panas dari ponsel belum sepenuhnya dikeluarkan.

Jadi tidak heran apabila baterai HP cepat habis dikarenakan suhu ponsel panas. Meskipun layar HP mati, baterai akan terus-menerus berkurang sampai suhu ponsel stabil.

Ketika hal ini terjadi, sebaiknya jangan langsung mengecas HP sebab akan merusak daya tahan baterai. Biarkan suhu ponsel normal terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Meski Tidak Digunakan

Mengatasi masalah baterai HP boros pastinya harus disesuaikan dengan penyebab mengapa hal ini bisa terjadi.

Setelah mengetahuinya, barulah kita menerapkan cara mengatasi baterai ponsel cepat habis. Karena biasanya jika penyebab berbeda, maka solusinya juga tak sama.

Berikut ini cara mengatasi baterai HP boros:

Ganti Baterai Baru

Setiap benda elektronik memiliki kemampuan masa pakai yang terbatas, termasuk juga baterai HP. Kamu harus mengetahui umur dan kondisi baterai pada ponsel kesayanganmu.

Jika baterai HP kamu sudah berumur tahunan atau kondisi fisiknya berubah, maka perlu banget untuk diganti ke yang baru. Sebab kalau tidak, baterai bisa cepat habis atau bahkan mengalami kondisi fisik berubah hingga kebocoran.

Catatan: Membeli baterai HP lebih baik yang original saja atau sudah terjamin. Tujuannya agar baterai cocok dengan HP kamu dan kualitas baterai pun dapat mirip dengan baterai sebelumnya.

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Agar baterai tidak boros lagi kamu harus menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai lagi dan berjalan di latar belakang.

Untuk cara melihat apl berjalan di latar belakang bisa melakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan > Memori.
  2. Di sana terdapat aplikasi dan sistem yang berjalan di latar depan maupun belakang.

Atau apabila tidak ada di HP kamu, maka harus melihatnya di Opsi Pengembang. Caranya:

  1. Buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Nomor Bentukan. Klik bagian tersebut berkali-kali sampai muncul "Anda telah menjadi pengembang".
  2. Selanjutnya, masuk ke Opsi Pengembang dan cari Layanan yang sedang berjalan. Di sana, kamu bisa melihat apapun yang berjalan di HP kamu.
Proses Berjalan
Proses Berjalan

Setelah mengetahui aplikasi berjalan di latar belakang, langkah selanjutnya ialah menghapus aplikasi tersebut jika dirasa sudah tidak digunakan lagi.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi.
  • Pilih aplikasi ingin dihapus.
  • Ketuk Uninstal dan konfirmasi. Selesai.
Hapus Apl
Hapus Apl

Dengan mengikuti langkah ini, aplikasi tersebut tidak akan berjalan di latar belakang dan pemborosan baterai pun dapat diminimalisir.

Tambahan:

  1. Selain menghapus aplikasi, kamu juga bisa dengan force stop apl-nya saja jika dirasa aplikasi tersebut masih ada gunanya. Namun, terkadang aplikasi tersebut akan mulai berjalan kembali setelah HP di-restart.
  2. Jika aplikasi yang dimaksud adalah sosial media seperti Facebook, kamu bisa paksa berhenti aplikasi kemudian nonaktifkan sinkronisasi agar apl-nya tidak memulai ulang otomatis.

Untuk lebih lengkapnya baca juga artikel:

  1. Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang HP Android, dan;
  2. Cara Paksa Berhenti Aplikasi dengan Satu Ketukan

Kalibrasi Ulang Baterai HP

Kalibrasi baterai HP berfungsi menormalkan kembali persentase baterai supaya akurat seperti pada umumnya.

Proses kalibrasi bisa dilakukan dengan aplikasi bantuan (baik bawaan maupun pihak ketiga) atau dengan teknik tertentu.

Kamu bisa melakukan langkah di bawah ini:

  1. Gunakan ponsel sampai baterai benar-benar habis. Atau juga bisa membiarkan baterai HP sampai habis dengan sendirinya.
  2. Isi ulang daya baterai tanpa menghidupkan perangkat. Biarkan terisi beberapa jam hingga baterai benar-benar mencapai angka 100%.
  3. Cabut pengisi daya dan mulai aktifkan kembali ponsel kamu.
  4. Apabila indikator baterai belum 100%, lakukan pengisian daya kembali hingga persentase menunjukkan angka 100%. Selesai.
Catatan: Jika baterai HP sudah berumur, tidak disarankan melakukan teknik ini secara terus-menerus. Apabila terlalu sering maka baterai HP bisa saja mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

Normalkan Kembali Suhu Ponsel

Secara umum suhu ponsel panas itu ada 2 sebabnya, yang pertama dikarenakan membuka aplikasi/game berat terlalu lama, kedua ialah adanya ketidakstabilan chipset ataupun sistem operasi.

Untuk sekelas HP yang sudah berumur tentu enggak heran, sebab dari tahun ke tahun beberapa aplikasi akan semakin berat. Jadi, chipset ponsel pun bekerja lebih keras lagi dan menyebabkan suhu ponsel cepat panas.

Namun, bagi HP baru tentunya menjadi sebuah pertanyaan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Yap, gak salah lagi penyebabnya ialah sistem operasi yang belum optimal.

Untuk cara mengatasinya kamu hanya perlu memperbarui perangkat lunak jika tersedia. Akan tetapi, apabila tidak ada kamu bisa mencoba mengikuti teknik di bawah ini.

Beberapa di antaranya ialah:

Pertama, hapus aplikasi di latar Recent Apps (daftar aplikasi terakhir).

RecentApps
RecentApps

Kedua, matikan fitur HP yang tak terpakai seperti GPS, Data Seluler, Sinkronisasi, Bluetooth, Wifi, dan lain sebagainya.

Bilah Notifikasi
Bilah Notifikasi

Ketiga, matikan HP Sementara.

Matikan Daya
Matikan Daya

Matikan Mode Performa HP

HP berbasis Android di atas 9 (Pie) biasanya terdapat opsi performa ponsel mulai dari hemat baterai hingga mode kinerja tinggi.

Nah, apabila ponselmu boros baterai meski tidak dipakai maka coba nonaktifkan mode performa. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Pergi ke Pengaturan > Baterai > Mode Performa.
  2. Selanjutnya, ubah ke Tidak ada peningkatan performa. Selesai.
Mode Performa Ponsel
Mode Performa Ponsel
Catatan: Untuk cara di atas tentu berbeda dengan beberapa merek HP lainnya. Contoh hasil tangkapan layar HP di atas adalah Realme dengan versi Android 10. Jadi, sesuaikan masing-masing, ya!

Akhir Kata

Masalah Baterai HP Cepat Habis - sudah tak lagi jarang dipertanyakan, terlebih jika HP sama sekali tidak sedang dalam keadaan digunakan.

Namun, dengan adanya artikel ini diharapkan mampu mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Metode di atas dapat diterapkan beragam merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya. Semoga membantu, ya!