Penyebab dan 4+ Cara Mengatasi HP Panas Agar Dingin Lagi

HP yang panas membuat banyak pengguna merasa tak nyaman ketika menggenggamnya. Berikut ini penyebab beserta cara mudah mengatasi HP panas.
October 08, 2021
HP Panas
HP Panas

HP panas bukan hal yang jarang ditemukan di smartphone. Karena meskipun dijuluki ponsel pintar, tetap saja ada kelemahannya, salah satunya ialah HP bisa panas dan kinerja menjadi lemot.

Seperti yang kita tahu bahwa benda elektronik seiring berjalannya waktu pastinya ada sejumlah penurunan kinerja.

Entah karena faktor hardware yang semakin berumur atau software sistem yang kian meningkat sehingga membutuhkan performa lebih tinggi lagi.

Namun, beda halnya apabila HP terlalu cepat panas. Untuk pengguna yang agak awam mungkin sedikit bingung mengatasi hal tersebut.

Tetapi kali ini kamu enggak perlu khawatir sebab di artikel ini saya akan membahas cara mudah atasi HP panas agar dingin kembali. Simak artikel baik-baik, ya!

Penyebab HP Cepat Panas

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, lebih baik kenali dulu beberapa penyebab mengapa HP cepat panas.

Berikut deretan penyebabnya:

Jenis Chipset HP yang Digunakan

Seperti layaknya komputer, HP juga mempunyai komponen chipset yang beragam banyak jenisnya mulai dari low-end, mid-end, sampai flagship.

Nah, tentunya performa yang ditawarkan pun berbeda-beda. Ada yang dibuat secepat mungkin dan ada pula chipset dibuat semurah mungkin dengan mengorbankan performanya.

Dari situ dapat disimpulkan bahwa tidak semua HP bisa menjalankan semua aplikasi maupun game yang berat. Apabila dipaksa, tentu kinerja pun bekerja semaksimal mungkin dan menyebabkan HP menjadi panas (overheat).

Catatan: Fabrikasi chipset pun berpengaruh pada efesiensi suhu ponsel. Semakin kecil ukuran nanometer-nya maka semakin adem pula smartphone tersebut. Chipset yang memiliki fabrikasi di bawah 12nm biasanya tidak akan mudah panas, kecuali bermain game berat.

Desain Material Body HP

Banyak sekali jenis body yang digunakan HP pada umumnya seperti polycarbonate, kaca, metal, dan aluminium.

Tentu dari masing-masing material tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangannya. Jadi, bisa saja HP cepat panas sebab body HP yang didesain kurang efisien meratakan suhu panas.

Baterai Bermasalah

HP cepat panas meski digunakan tidak berlebihan patut dipertanyakan. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh adanya bagian di ponsel yang mengalami masalah atau kerusakan.

Jika panas ponsel berasal dari body belakang, ada kemungkinan baterainya sudah tak bekerja dengan baik. Baterai yang fungsinya sudah menurun akan lebih mudah panas serta mengakibatkan boros baterai.

Cara Mengatasi HP Panas Agar Dingin Lagi

Itulah beberapa penyebab mengapa suhu ponsel cepat panas. Selanjutnya, yuk bahas bareng trik jitu mengatasi HP yang mudah panas.

Berikut beberapa di antaranya:

Matikan Fitur yang Sudah Tak Dipakai

Beberapa fungsi HP seperti WiFi, Data Seluler, Bluetooth, Lokasi, Rotasi Otomatis, dan Sinkronisasi sebaiknya diaktifkan bila perlu saja.

Bilah Notifikasi
Bilah Notifikasi

Jika kalian mengaktifkan beberapa fitur di atas secara bersamaan dalam waktu cukup lama, tentu akan membuat kinerja ponsel bekerja lebih tinggi sehingga HP pun jadi mudah panas.

Semua fungsi tersebut biasanya mudah diaktifkan maupun dinonaktifkan melalui Bilah Notifikasi. Namun, ada saja beberapa di antaranya yang harus dimatikan lewat pengaturan HP, misalnya Sinkronisasi.

Sinkronisasi
Sinkronisasi

Berikut ini cara nonaktifkan Sinkronisasi:

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Masuk ke bagian Akun & pengguna.
  3. Ketuk Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis. Selesai.

Bersihkan Aplikasi di Recent Apps

Setiap HP mempunyai batasannya masing-masing, salah satunya ialah dalam multitasking itu sendiri.

Jika HP mulai cepat terasa panas, adakalanya mungkin dikarenakan banyaknya aplikasi berjalan di Recent Apps secara bersamaan (multitasking).

Maka dari itu, disarankan untuk mengurangi jumlah aktivitas aplikasi yang tersimpan di latar belakang guna menghindari suhu HP cepat panas serta terjadinya lag.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Sering Lag Ngefreeze

RecentApps
RecentApps

Untuk tahapan cara bersihkan daftar aplikasi di Recent Apps sangat mudah, yakni dengan ketuk tombol Recent di sebelah Home kemudian buang aplikasi yang sudah tak diperlukan. Selesai.

Hapus Aplikasi - Game Berat

Mempunyai ruang penyimpanan cukup banyak membuat pengguna ponsel enggan membersihkan beberapa aplikasi maupun game berat yang bahkan jarang digunakan.

Padahal, hal ini bisa saja membuat HP menjadi berat sehingga suhu ponsel pun panas tak sewajarnya.

Aplikasi berat seperti sosial media biasanya selalu aktif di latar belakang meskipun kita tidak sedang menggunakannya, seperti untuk menangkap lokasi atau menerima notifikasi. Hal ini pastinya membebankan kinerja ponsel walaupun tidak signifikan.

Oleh karenanya, kalau aplikasi tersebut jarang sekali digunakan, sebaiknya hapus saja demi menghemat ruang penyimpanan, RAM, kinerja ponsel, dan meminimalisir suhu HP yang terus meningkat.

Hapus Apl
Hapus Apl

Caranya mudah banget:

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Masuk ke Manajer Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi atau game ingin dihapus.
  4. Ketuk Uninstal kemudian konfirmasi. Selesai.

Hentikan Pemakaian Wallpaper Animasi

Penggunaan live wallpaper di HP Android membuat tampilan jadi lebih hidup dan menarik.

Sayangnya, ini membebankan kinerja ponsel seperti RAM, CPU, serta Baterai. Nah, karena itulah suhu HP pun dapat meningkat panas meskipun enggak digunakan.

Baca juga: Cara Membersihkan RAM HP Android Agar Tidak Lemot Lagi

Maka dari itu, sebaiknya gunakan saja wallpaper statis biasa jika dirasa HP kamu memang cepat panas. Jangan terlalu dibebankan, terlebih lagi HP seri low-end yang memiliki chipset sudah tak mumpuni.

Matikan Opsi Pengembang Android

Jika kamu memang suka mengutak-atik pengaturan ponsel Android, coba atur semuanya ke default seperti semula misalnya Opsi Pengembang.

Kesalahan pengaturan di Opsi Pengembang bisa saja membuat ponsel menjadi mudah panas. Mengapa demikian? Ya, sebab ada saja opsi yang tak cocok bila diaktifkan.

Opsi Render p1Opsi Render p2

Seperti gambar di atas, di Opsi Pengembang terdapat bagian "Render yang dipercepat". Tujuannya agar kinerja ponsel dipaksakan untuk bekerja lebih keras tanpa mempertimbangkan konsumsi daya baterai.

Nah, seperti yang kita tahu apabila kinerja bekerja lebih keras serta daya baterai terkuras cepat maka suhu HP pun meningkat.

Baca juga: Cara Agar Baterai HP Awet Kembali

Oleh karena itu, alangkah baiknya di-setting ke default lagi saja (jika masih ingat). Namun, kalau kamu enggak ingin repot-repot, matikan saja Opsi Pengembang-nya.

Akhir Kata

Sekiranya begitulah pembahasan singkat mengenai cara mengatasi HP panas supaya dingin kembali.

Jika HP yang dipakai sudah terasa sangat lemot, langkah terakhir bisa dilakukan ialah melakukan Factory Reset (Reset Pabrik).

Sebab, sebagian HP biasanya terdapat junk file system yang tak dapat dihapus langsung. Karenanya, HP pun perlu di-reset kembali seperti semula lagi.

Beragam trik di atas ampuh diterapkan semua merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!