4+ Cara Ampuh Mengatasi HP Restart Sendiri (100% Work)

HP restart sendiri membuat aktivitas di gawai dapat terganggu. Berikut ini penyebab serta solusi mengatasi hp suka restart sendiri.
July 03, 2021
Mengatasi HP Restart Sendiri
Mengatasi HP Restart Sendiri

HP restart sendiri menjadi masalah cukup banyak yang dialami oleh pengguna HP Android. Pasalnya, HP suka restart sendiri memang sangat mengganggu aktivitas di smartphone kesayangannya.

Bayangkan saja, sudah mencatat banyak sekali memo atau apapun itu, tiba-tiba HP restart sendiri. Terlebih jika apl pencatatnya tidak memiliki fitur simpan otomatis, hilang sudah catatan tersebut.

Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi HP sering restart sendiri. Namun sebelum itu alangkah baiknya ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab HP Restart Sendiri

Suhu HP Panas: Pemakaian HP yang berlebihan, misalnya bermain game berat hingga berjam-jam tentu akan membuat suhu smartphone terlalu tinggi. Nah, tidak menutup kemungkinan HP pun jadi suka restart sendiri.

RAM Penuh: Adalah memori yang dipakai HP guna menampung sementara berbagai aplikasi berjalan baik di latar depan maupun belakang. Apabila penuh, pastinya HP menjadi lemot serta sebagian sistem dapat terganggu sehingga HP pun restart sendiri.

Ruang Penyimpanan Penuh: Selain RAM, memori internal penuh juga bisa mengakibatkan kinerja sistem HP bermasalah. Ketika kinerja bermasalah, HP pun akan lag dan ngefreeze. Terkadang juga mengakibatkan adanya crash.

Kesalahan Sistem: Bug pada sistem dapat terjadi akibat versi android belum stabil atau karena aplikasi tertentu. Hal ini mungkin saja dapat menjadi faktor penyebab HP restart sendiri.

Cara Mengatasi HP Suka Restart Sendiri

Setelah mengenal penyebabnya, selanjutnya yuk pahami solusi mengatasi hp restart sendiri secara terus-menerus.

Matikan HP Sementara Waktu

Setiap hp memiliki batasan kemampuannya masing-masing, tidak lain suhu pada smartphone itu sendiri.

Jika HP panas dan melewati batasnya, maka sistem otomatis akan restart HP sendiri yang bertujuan agar komponen di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Nah, karena itu saya menyarankan matikan penuh HP kamu untuk mengatasi masalah restart sendiri. Sekurang-kurangnya 10-15 menit hingga suhu HP dingin kembali.

Bersihkan Cache Menumpuk

Kita tahu bahwa ruang penyimpanan yang penuh dapat membuat performa HP menjadi tidak berjalan maksimal seperti seharusnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Oleh karena itu, membersihkan cache aplikasi bertujuan agar memori internal tidak membengkak akibat data-data dari banyaknya apl terinstal.

Cache Apl Menumpuk
Cache Apl Menumpuk

Begini caranya:

  1. Masuk ke Pengaturan HP.
  2. Pergi ke Manajer Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi sekiranya mempunyai data besar seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
  4. Selanjutnya, ketuk bagian Penyimpanan dan klik Hapus Cache. Selesai.

Update Perangkat Lunak

Semua vendor HP tentu ingin pengguna merasa nyaman ketika memakai produknya, salah satunya dengan memperbaiki beberapa bug sistem.

Setidaknya satu atau dua bulan sekali, pihak vendor merilis patch terbaru demi meningkatkan keamanan dan memperbaiki kesalahan.

Maka dari itu, sangat penting segera melakukan update terbaru jika HP kamu memang suka restart sendiri atau ada bug-bug lain yang mengganggu.

Caranya mudah:

Pertama, pergi ke Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cari Pembaruan Perangkat Lunak
Cari Pembaruan Perangkat Lunak

Kedua, cek ketersediaannya. Jika ada, ketuk Unduh Sekarang.

Pembaruan Perangkat Lunak
Pembaruan Perangkat Lunak

Ketiga, apabila selesai langsung saja ketuk Terapkan Sekarang.

Catatan: Pastikan baterai HP di atas 60% agar update tersebut berjalan optimal dan tidak terjadi apa-apa, ya!

Reset Pabrik HP

Cara yang cukup sederhana mengatasi HP restart sendiri ialah mengembalikan HP seperti semula (baru) lagi. Ini dikarenakan masalah seperti sistem crash/tidak stabil yang lumayan rumit jika diatasi secara manual, maka saya sarankan untuk factory reset saja.

Namun sebelum itu, jika HP masih bisa diakses sebaiknya cadangkan dulu beberapa data penting ke Memori Eksternal (Kartu SD), sebab setelah reset pabrik tentunya semua data akan hilang.

Untuk me-reset HP ada dua cara, pertama dengan reset langsung dari recovery dan kedua ialah masuk ke pengaturan HP seperti biasa.

#1 Reset Langsung dari Recovery

Reset dari Recovery
Reset dari Recovery
  1. Matikan Ponsel kamu.
  2. Tekan tombol Volume Up + Power + Home (jika ada) secara bersamaan sekiranya 5-8 detik. Intinya sampai HP bergetar dan masuk ke mode recovery.
  3. Gunakan tombol volume Up/Down untuk gulir. Pilih bagian Factory Reset atau Wipe Data.
  4. Tekan tombol Home/Power untuk memilih. Proses reset pun akan segera dimulai.
  5. Tunggu beberapa saat sampai kembali ke mode recovery.,
  6. Selanjutnya gulir ke Reboot System dan tekan tombol Home/Power untuk me-restart HP. Selesai.

#2 Reset Pabrik dari Pengaturan

Reset Pabrik
Reset Pabrik
  1. Pergi ke Pengaturan HP.
  2. Masuk ke Cadangkan & Reset.
  3. Ketuk Reset Pabrik dan konfirmasi.
  4. Proses reset dimulai setelah HP restart otomatis. Selesai.

Ganti Baterai HP

Kalau HP yang dipakai sudah berumur, maka kamu harus mempertimbangkan untuk mengganti baterai HP yang lebih baru.

Ini dikarenakan semakin lama penggunaan HP, maka daya tahan baterai pun dapat menurun dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah HP pun restart sendiri meski baterai masih penuh.

Baca juga: Cara Ngecas HP yang Benar

Akan tetapi, membeli baterai pun harus bijak dalam memilihnya, jangan sampai membeli baterai non-original karena dapat menimbulkan kerusakan yang berdampak pada HP Android kamu.

Akhir Kata

Ada banyak penyebab HP suka restart sendiri. Beberapa cara di atas setidaknya efektif mengatasi HP restart sendiri secara terus-menerus.

Metode di atas bisa untuk semua merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain. Semoga membantu!