7+ Cara Membersihkan RAM HP Agar Tidak Lemot Lagi

Masalah yang sering dialami pengguna ponsel ialah lemot dan lag karena RAM HP penuh. Berikut ini cara membersihkan RAM HP agar kembali lega.
July 05, 2021
Membersihkan RAM HP
Membersihkan RAM HP

Masalah yang sering dialami pengguna ponsel ialah lemot dan lag. Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, salah satunya yaitu RAM HP terlalu penuh.

RAM di HP Android memiliki peranan penting dalam menjalankan tugasnya, seperti menampung aplikasi maupun game sementara.

Kapasitas RAM HP pun beragam, ada yang hanya ratusan MB hingga sekian GB. Semua itu bergantung pada seri ponsel yang dimiliki.

Sayang sekali, banyak pengguna Android merasa tidak cukup dengan kapasitas RAM HP-nya karena selalu penuh sehingga multitasking pun tidak berjalan dengan baik.

Nah, di artikel ini saya akan membahas cara membersihkan RAM HP agar tidak lemot lagi. Simak baik-baik, ya!

Cara Membersihkan RAM HP

Banyak sekali metode untuk melegakan RAM HP. Namun yang saya bagikan di bawah ini adalah cara efektif dan mudahnya agar membersihkan RAM HP bisa lebih optimal.

Berikut ini deretan poin penting membersihkan RAM HP:

Cek Pemakaian Memori

Langkah pertama yaitu lihat terlebih dahulu penggunaan memori yang telah dipakai agar nanti jadi mudah untuk membersihkannya.

Untuk HP Android versi di bawah 7 (Nougat) mungkin masih bisa melihat penggunaan RAM sedang dijalankan.

Baca juga: Cara Melihat Kapasitas RAM HP Android

Akan tetapi, sebagian HP mungkin tidak menyediakan pemakaian RAM. Jadi, cara alternatifnya ialah dengan mengaktifkan Opsi Pengembang.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel.

Kedua, temukan bagian Nomor Bentukan/Kompilasi dan ketuk beberapa kali hingga keluar notifikasi "Anda telah menjadi pengembang!".

Nomor Bentukan
Nomor Bentukan

Ketiga, kembali ke Pengaturan dan cari Opsi Pengembang. Jika tidak ada, biasanya terletak di Tentang Ponsel atau Pengaturan Tambahan.

Opsi Developer
Opsi Developer

Keempat, setelah berhasil masuk ke Opsi Pengembang, kemudian cari dan ketuk Layanan yang sedang berjalan.

Pemakaian MemoriLayanan Berjalan

Nah, di sana terdapat pemakaian memori telah dipakai, baik latar depan maupun belakang. Kalau sudah dilihat, kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang perlu dihapus.

Multitasking Secukupnya

Jangan terlalu berlebihan membuka aplikasi secara bersamaan, terlebih jika RAM HP kamu kurang dari 3GB. Multitasking secukupnya saja.

Karena RAM penuh biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan, maka untuk membersihkannya yaitu dengan menutup sebagian apl berjalan di Recent Apps.

Recent Apps
Recent Apps

Caranya gampang:

  • Ketuk tombol Recent Apps yang terletak di samping tombol Home.
  • Bersihkan beberapa aplikasi berjalan yang sudah tidak terpakai lagi. Selesai.

Hapus Aplikasi Tidak Digunakan

Siapa bilang aplikasi yang tidak dipakai enggak akan menghabiskan RAM? Justru apl tersebut berjalan di latar belakang terus-menerus.

Aplikasi sosial media misalnya, ia selalu membuka otomatis. Tujuannya untuk tetap menerima notifikasi agar selalu sinkron dengan server. Makanya, apl tersebut biasanya memakan cukup banyak RAM HP.

Pengelolaan Proses
Pengelolaan Proses

Oleh karena itu, penting untuk kamu uninstal beberapa aplikasi sudah tidak terpakai. Caranya:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pergi ke Manajer Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Ketuk Uninstal lalu konfirmasi. Selesai.

Paksa Berhenti Aplikasi

Tidak semua aplikasi bawaan diperlukan. Namun, banyaknya aplikasi bawaan tidak bisa di-uninstal dan tetap berjalan di latar belakang, karena itu kamu mungkin perlu menghentikan aplikasi secara paksa.

Baca juga: Cara Paksa Berhenti Aplikasi dengan Satu Ketukan

Tidak hanya aplikasi bawaan saja, apl terinstal yang jarang dipakai juga wajib melakukan metode ini. Dengan begitu, RAM HP akan teras lega dan kinerja pun tidak lemot lagi.

Paksa Berhenti Aplikasi
Paksa Berhenti Aplikasi

Berikut cara mudah paksa berhenti aplikasi:

  1. Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi.
  2. Kemudian pilih aplikasi ingin dihentikan dan ketuk Paksa Berhenti. Selesai.

Nonaktifkan Aplikasi

Menonaktifkan aplikasi mungkin perlu dilakukan demi melegakan RAM dan mengoptimalkan kinerja ponsel.

Jika kamu tidak memerlukan aplikasi berita atau podcast misalnya, yang mana apl tersebut sudah ditanam dari pabrik.

Seperti yang kita tahu, aplikasi bawaan tidak bisa di-uninstal kecuali HP yang sudah di-root. Maka, cara tepatnya ialah menonaktifkannya.

Berikut langkah-langkah menonaktifkan aplikasi:

  • Buka Pengaturan HP seperti biasa.
  • Masuk ke Manajer Aplikasi.
  • Pilih apl yang ingin dinonaktifkan.
  • Ketuk Nonaktifkan dan konfirmasi. Selesai.
Catatan: Jika sewaktu-waktu ingin menggunakannya lagi, kamu cukup mengulang langkah di atas dan terakhir ketuk Aktifkan. Beres!

Stop Penggunaan Wallpaper Animasi

Wallpaper yang memiliki animasi keren tentunya sangat memanjakan mata. Akan tetapi siapa sangka, ternyata sebagian besar wallpaper hidup memakan cukup banyak ruang RAM HP.

Jika RAM HP kamu di atas 3GB sih enggak jadi masalah, ya. Namun untuk sekelas HP low-end sangat kurang cocok sebab dapat menguras baterai dan juga kinerja ponsel cukup besar.

Nah, untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengganti ke wallpaper biasa atau meng-uninstal aplikasi Live Wallpaper (jika kamu menggunakan apl pihak ketiga).

Hilangkan Widget

Meskipun sejatinya widget memudahkan kita masuk ke bagian aplikasi tertentu, tetapi apabila berlebihan meletakkannya di Latar Depan tentu tidak bagus.

Widget
Widget

Jadi, kalau HP kamu ingin RAM-nya tetap lega, maka gunakan widget seperlunya saja seperti Jam, Alarm, dan Cuaca. Jangan meletakkan widget berlebihan karena akan membuat ponsel jadi lemot.

Gunakan Tema Default

Tema HP zaman sekarang mengedepankan tampilan unik dan menarik. Tidak hanya berlaku di latar depan saja, sistem maupun aplikasi juga disesuaikan dengan tema yang dipakai.

Namun dibalik itu semua, kinerja ponsel pun dikorbankan seperti misalnya RAM HP yang semakin penuh. Jadi, kalau HP kamu terasa lag dan lemot saat memakai tema, coba beralih ke tema default saja.

Tema
Tema

Dengan tidak memakai tema apapun akan menjadi solusi tepat agar performa HP bisa optimal lagi dan RAM HP pun semakin lega.

Akhir Kata

Sekiranya begitulah beberapa cara mudah membersihkan RAM HP. Cukup dengan menerapkan metode di atas, maka RAM HP kamu akan terasa lega kembali seperti semula dan kinerja pun tidak lemot lagi.

Langkah-langkah di atas dapat diterapkan di berbagai merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, ya!